Apa itu Java? Pengertian, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangannya.

24 May 2022

java

Hallo BroTech pada kali ini kita akan membahas mengenai Java merupakan bahasa pemrograman yang populer digunakan untuk mengembangkan aplikasi mobile, desktop, hingga website. Dikenal juga memiliki moto “Write Once, Run Anywhere”. Artinya java mampu dijalankan di berbagai platform tanpa disusun ulang menyesuaikan platformnya. Misalnya, berjalan di Android, Linux, Windows dan lainnya. Penasaran seperti apa bahasa pemrograman java? simak pembahasan lebih lanjut mengenai pengertian, fungsi, kelebihan dan kekurangan.

Pengertian

Java adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang berorientasi objek dan program tersusun dari bagian yang disebut kelas. Kelas terdiri atas metode-metode yang melakukan pekerjaan dan mengembalikan informasi setelah melakukan tugasnya. Para pemrogram ini banyak mengambil keuntungan dari kumpulan kelas di pustaka kelas, yang disebut dengan Java Application Programming Interface (API). Kelas-kelas ini diorganisasikan menjadi sekelompok yang disebut paket (package). 

Java API telah menyediakan fungsionalitas yang memadai untuk menciptakan applet dan aplikasi canggih. Jadi ada dua hal yang harus dipelajari yaitu mempelajari bahasa Java dan bagaimana mempergunakan kelas pada API. Kelas merupakan satu-satunya cara menyatakan bagian eksekusi program, tidak ada cara lain. Pada program javac untuk mengkompilasi file kode sumber menjadi kelas-kelas bytecode. File kode sumber mempunyai ekstensi *.java. Kompilator javac menghasilkan file bytecode kelas dengan ekstensi *.class. Interpreter merupakan modul utama sistem Java yang digunakan aplikasi dan menjalankan program bytecode.

Fungsi

  • Pengamanan yang cukup ketat

Fungsi di PC pertama adalah sebagai pengamanan yang cukup ketat. Memiliki pengamanan 3 lapis ini dilakukan untuk melindungi sistem dari penyalahgunaan orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Ketiga lapisan keamanan tersebut antara lain seperti:

Bytecode Verifier: Pengamanan ini dapat membaca bytecode sebelum akhirnya dijalankan sehingga menjamin bytcode dapat memenuhi aturan-aturan dasar.

Class Laouder: Class Louder ini menangani pemuaan kelas Java ke dalam runtime interpreter.

  • Bisa Digunakan pada Sistem Operasi Manapun

Fungsi di PC lainnya dapat digunakan pada sistem operasi manapun. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa Java dapat berjalan pada komputer yang menggunakan sistem operasi apapun. Hal ini bisa dilakukan karena termasuk Platform Independence. Selain itu, variable yang dimiliki mempunyai ukuran yang sama dalam semua platform. Oleh karena itu, variable yang bertipe integer berukuran sama. Ketika dibuat sebuah file, maka file tersebut bisa dijalankan pada perangkat manapun.

  • Penggunaan Bahasanya Sederhana

Dibandingkan bahasa pemrograman lainnya, Java bisa dibilang lebih sederhana. Hal ini bisa terjadi karena menggunakan sintaks yang bisa dibilang mirip dengan C++.

  • Hanya Berfokus pada Objek

Bahasa pemrograman ini hanya fokus pada objek, sehingga ampuh dalam mengorganisasi serta pengembangan perangkat lunak. Ketika hanya fokus pada objek, program komputer dapat saling berkomunikasi dalam satu kelompok objek. Termasuk ke dalam contoh pemrograman berorientasi objek.

  • Menggunakan Sistem Exception-handling

Mekanisme exception-handling yang bisa diandalkan. Exception-handling ini menyediakan cara untuk memisahkan anatar bagian penganan kesalahan dan bagian kode normal. Dengan begitu kode tersebut dituntun ke strukstur kode program yang jauh lebih bersih. Apabila kesalahan ditemukan, maka secara otomatis akan membuat exception. Exception ini bisa ditangkap serta dikelola oleh program tanpa memberikan dampak yang lebih buruk.

Baca Juga : Apa itu Python? Pengertian, Kegunaan, Kelebihan Dan Kekurangannya.

Kelebihan

  • Mudah Untuk Dikembangkan

Salah satu kelebihannya adalah kemudahan dalam hal pengembangan aplikasi. Setiap aplikasi ataupun program yang dibuat dengan menggunakan dasar bahasa pemrograman Java memiliki kemampuan yang sangat baik untuk dilakukan pengembangan lebih lanjut.

  • Sifatnya multiplatform

Kelebihan lainnya bahasa pemrograman ini banyak diminati oleh para developer dan programmer adalah karena merupakan salah satu bahasa pemrograman yang sifatnya multi platform, alias universal dan bisa digunakan dalam platform apapun. Maka dari itu bahasa pemrograman ini membuat unggul dalam pembuatan aplikasi dan software. Bahasa pemrograman ini juga erat kaitannya dengan javascript sebab masih satu turunan untuk lebih mengoptimalkan pemrograman berbasis web agar penggunaannya powerful.

  • Memiliki kemudahan dalam menyusun suatu script

Kelebihan lainnya dari bahasa pemrograman ini, selain mudah dikembangkan, dan bersifat universal bahasa pemrograman ini merupakan salah satu bahasa pemrograman yang mudah untuk dipelajari. Para programmer dan developer dalam menyusun sebuah program, haruslah menggunakan sebuah script, agar program tersebut dapat berjalan.

  • Apabila programmer beorientasi pada usability, maka Java sangat mendukung

Apabila seorang developer ingin mengembangkan sebuah aplikasi yang sangat berguna dan bisa dinikmati oleh orang banyak, maka developer dapat menggunakan bahasa pemrograman ini. Karena keunggulan bahasa pemrograman yang satu ini berhubungan erat dengan kemampuan aplikasi – aplikasi yang dibuat dengan Java yang mampu bekerja di platform manapun. Hal ini berhubungan dengan usability, atau kegunaan dari suatu aplikasi.

  • Mengimplementasikan OOP

Pemrograman berorientasi objek atau object oriented programming adalah sebuah pemrograman yang direpresentasikan ke dalam sebuah objek yang terbuat dari class-class berisikan variabel dan method.

Kekurangan

  • Penggunaan memory yang cukup tinggi

Bahasa pemrograman ini memang menawarkan banyak sekali fitur yang luar biasa mulai dari kemudahan dalam menyusun script, hingga fitur object oriented, yang menjadi salah satu ciri khas dari bahasa pemrograman ini. Akan tetapi, semua kelebihan tersebut harus dikompensasi dengan kebutuhan memory yang cukup besar.

  • Mudah didekompilasi

Bahasa mudahnya dari istilah dekompilasi ini adalah pengambilan source code. Jadi, Java merupakan salah satu bahasa pemrograman yang mudah megnalami dekompilasi. Souce code dan juga script yang dibuat dengan bahasa pemrograman ini dapat dengan mudah diambil dan juga dibajak oleh orang lain, sehingga memunculkan banyak hack dan juga pengcopyan dari aplikasi yang menggunakan bahasa pemrograman ini tersebut.

Nah Itulah beberapa penjelasan seputar apa itu java, pengertian, fungsi, serta apa saja kelebihan dan kekurangannya. Bahasa pemrograman ini sudah banyak digunakan oleh perusahaan besar didunia. Salah satu perusahaan raksasa yang menggunakannya adalah google. Apakah kalian berminat mempelajari bahasa pemrograman java?