Apa itu Internet of Behaviors ? Pengertian dan Tujuan

3 June 2022

Hai BroTech, kali ini kita akan membahas tentang Internet of Behaviors. apa kalian pernah mendengar Internet of Behaviors ??

Internet of Behaviors (IoB) ini ada di karenakan seringnya IoT digunakan dalam kurun waktu 5 (lima) tahun terakhir.

Dengan kata lain, bagaimana cara kita mengubah semua data yang dikumpulkan dari aktivitas online pengguna menjadi sesuatu yang berguna biasanya berarti keuntungan bagi organisasi, bisnis, atau perusahaan.

Terkait itu, dalam postingan kali ini Kami akan membahas secara lebih lanjut tentang apa itu pengertian dari singkatan IOB atau internet of behavior ini, mengingat arti penerapannya mulai dikembangkan untuk masa depan.

yuk simak pembahasannya!

internet of behavior
internet of behavior

Pengertian Internet of Behaviors

Internet of Behaviors (IoB) adalah area penelitian dan pengembangan (R&D) yang berusaha memahami bagaimana, kapan, dan mengapa manusia menggunakan teknologi untuk membuat keputusan pembelian. IoB menggabungkan tiga bidang studi: ilmu perilaku, analisis tepi, dan Internet of Things (IoT).

Platform IoB dirancang untuk mengumpulkan, menggabungkan, dan menganalisis data yang dihasilkan dari berbagai sumber, termasuk perangkat digital rumah tangga, komputer yang dapat dikenakan, dan aktivitas online manusia. Data tersebut kemudian dianalisis dari segi psikologi perilaku untuk mencari pola yang dapat digunakan oleh tim pemasaran dan penjualan untuk mempengaruhi perilaku konsumen di masa depan.

Tujuan penting dari IoB adalah untuk membantu pemasar memahami dan memonetisasi sejumlah besar data yang dihasilkan oleh node jaringan di Internet of Things

Tujuan Internet of Behaviors serta Fungsinya

internet of Behaviors (IOB) pada dasarnya bertujuan untuk membahas bagaimana data lebih dipahami dan digunakan untuk membangun dan mempromosikan produk baru dari sudut pandang psikologi manusia.

Internet perilaku ini berfungsi dan dapat digunakan dalam banyak cara oleh entitas publik, swasta atau seperti bisnis, organisasi dan perusahaan.

Teknologi internet of behaviors ini akan menjadi platform (baca pengertian platform disini) pemasaran dan distribusi baru yang menarik bagi perusahaan dan organisasi di seluruh dunia.

Platform IOB memungkinkan pengembangan pemahaman mendalam tentang klien yang dibutuhkan setiap bisnis, organisasi atau perusahaan.

Sebagai contoh msalnya, IOB menghubungkan semua ponsel di aplikasi dan kemudian dapat melihat kesalahannya dan mendapatkan rekomendasi visual untuk memperkuat langkah dan tendangannya.

Interconnection (interkoneksi) perangkat menghasilkan banyak titik data baru dan meluas dari Internet of things (IoT).

Ya! Para pelaku bisnis mengumpulkan informasi dari pelanggan melalui “berbagi” antara perangkat yang terhubung, dipantau melalui satu komputer dalam kehidupan nyata.

Jenis Komponen dalam Internet of Behaviors

berikut ini untuk jenis-jenis komponen yang terdapat dalam Internet of Behaviors (IOB) yang harus kalian ketahui adalah sebagai berikut.

1. Technology

Jenis komponen Internet of Behaviors (IOB) pertama yang akan Kami jelaskan disini yaitu adalah technology atau teknologi.

Ya! IOB menggabungkan teknologi yang ada yang berfokus pada individu secara langsung.

Dari pengenalan wajah yang dikenal dengan facial recognition dalam computer vision (baca pengertian computer vision disini) hingga pelacakan lokasi, ini menghubungkan data yang dihasilkan ke peristiwa perilaku terkait seperti pembelian tunai atau penggunaan perangkat.

2. Analytics

Komponen internet berdasarkan perilaku berikutnya yaitu adalah analytics atau analitik.

Benar, data diambil melalui aplikasi berteknologi IOT yang berfungsi untuk memodelkan perilaku pengguna, pada gilirannya adalah data yang dapat ditindaklanjuti yang dapat dikirim dalam bentuk (seperti) pop-up dan pemberitahuan kepada pelanggan untuk mendorong dan memberi insentif kepada mereka agar mematuhi perilaku yang diinginkan.

3. Behavioral Science

Komponen terakhir yang akan Kami jelaskan disini yaitu adalah behavioral science atau ilmu perilaku.

Juga dikenal sebagai ekonomi perilaku dan melihat subjek tindakan manusia, ini merangkum berbagai bidang studi, termasuk kognitif-saraf, psikologi dan ekonomi serta aspek perilaku biologi, hukum, psikiatri dan ilmu politik.

Macam-Macam Manfaat Internet of Behaviors dan contoh penerapannya

berikut ini kita akan membahas manfaat dari Internet of Behaviors, khusus nya implementasi dan penerapan internet of behaviors.

Memang, sementara melakukan dan mulai mengaplikasi IOB secara teknis terbilang mudah, perlu kalian ketahui bahwa itu semua dapat menjadi hal yang menantang secara psikologis.

Terlebih, untuk alasan etika dan hukum, perlu untuk melakukan studi statistik yang merekam rutinitas dan perilaku sehari-hari tanpa sepenuhnya mengungkapkan privasi pelanggan.

Adapun beberapa macam manfaat Internet of Behaviors (IOB) terkait implementasinya yaitu:

  • Analisis perilaku pembelian pelanggan di berbagai platform.
  • Memeriksa data tentang bagaimana orang terlibat dengan gadget dan barang yang sebelumnya tidak tersedia.
  • Mendapatkan informasi yang lebih spesifik tentang tahap pelanggan dalam proses pembelian.
  • Memberitahukan dan menargetan Point of Sales (POS) waktu nyata yang tersedia.
  • Melakukan penutupan penjualan dan mempertahankan kepuasan konsumen dengan menyelesaikan masalah dengan cepat.

Untuk contohnya sendiri, perlu Kami jelaskan disini bahwa Internet of Behaviors (IOB) diharapkan memainkan peran penting dalam e-commerce, perawatan kesehatan, manajemen pengalaman pelanggan, dan optimisasi mesin pencari atau Search Engine Optimization (SEO).

Secara khusus, contoh kasus penggunaannya yang potensial meliputi:

  • Mengurangi premi asuransi untuk pengemudi yang kendaraannya secara konsisten memberikan informasi terkait pola rem dan akselerasi yang diinginkan.
  • Menganalisis pembelian bahan makanan pengguna tertentu untuk mempersonalisasi saran menu.
  • Menggunakan layanan lokasi dan riwayat pembelian untuk menyesuaikan promosi pembelanja secara real-time.
  • Mengirim peringatan ketika data pelacak aktivitas kebugaran menunjukkan tekanan darah pemakainya terlalu tinggi atau terlalu rendah.

nah BroTech itu dia pembahasan mengenai Internet of Behaviors, bagaimana keren kan Brotech ?

demikian pembahasannya,Semoga Pembahasan ini dapat bermanfaat bagi kalian yang membaca.