Apa itu Bahasa Pemrograman C ? Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya

31 May 2022

bahasa pemrograman c

Hallo BroTech pada kali ini kita akan membahas mengenai bahasa pemrograman C merupakan salah satu bahasa pemrograman komputer. Dibuat pada tahun 1972 oleh Dennis Ritchie untuk Sistem Operasi Unix di Bell Telephone Laboratories. Mungkin kalian bertanya-tanya mengenai pemrograman ini dan apa saja gunanya dan kenapa harus dipelajari? Yuk simak artikel ini sampai habis ya.

Pengertian

bahasa pemrograman c

Bahasa pemrograman C merupakan suatu bahasa Intermediate yang artinya yaitu bahasa tersebut bisa dikatakan sebagai high level language atau bahasa tingkat tinggi, dimana programmer diberikan sederetan sintaks aturan penulisan yang dapat dimengerti oleh manusia.

Namun bahasa ini juga dapat digolongkan sebagai low level language karena juga menyediakan pula sintaks dalam bentuk bahasa Assembly dimana bahasa Assembly tersebut merupakan salah satu low level language.

Bahasa Pemrograman ini menjadi sebuah bahasa pemrograman komputer yang bisa digunakan untuk membuat berbagai macam aplikasi  atau general-purpose programming language, mulai dari sistem operasi seperti Windows atau juga Linux, antivirus, software pengolah gambar image processing, sampai pada compiler untuk bahasa pemrograman, dimana banyak digunakan untuk membuat bahasa pemrograman lain yang salah satunya yaitu PHP.

Sejarah Singakat

Awalnya, mereka menggunakan bahasa pemrograman B buatan Ken Thompson, namun karena keterbatasan bahasa tersebut, dikembangkanlah bahasa pemrograman C. Nama ini dipakai setelah abjad B. Bahasa pemrograman ini dikembangkan mulai tahun 1969 sampai 1972 oleh Dennis Ritchie. Pada 1978, Dennis Ritchie dan Brian Kernighan merilis buku “The C Programming Language” yang menjadi standar untuk buku programming modern. Tahun 1980, bahasa pemrograman C banyak dipakai di Eropa, dan menjadi bahasa terpopuer dibanding bahasa di zamannya, seperti PASCAL, BASIC, FORTRAN.

Fitur Beserta Keunggulan

  • Sebagai bahasa pemrograman prosedural

Pada dasarnya konsep pemrograman prosedural yaitu sebuah metode pemrograman yang setiap baris perintahnya diproses secara berurutan dari baris paling atas sampai baris paling bawah. Selain konsep prosedural, terdapat juga konsep pemrograman object (object-oriented programming). Dalam bahasa pemrograman object, dimana setiap tugas akan dijalankan dengan menggunakan class dan object. Contoh bahasa pemrograman object yaitu JAVA.

  • Sangat cepat dan efisien

Aplikasi yang dibuat menggunakan bahasa ini maka bisa dieksekusi dengan sangat cepat dan juga berukuran kecil. Karena bisa langsung bisa berkomunikasi dengan hardware, sebuah fitur yang jarang tersedia di bahasa pemrograman modern seperti JAVA, PHP, dan juga Python.

Baca Juga : Apa itu Kotlin? Simak! Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya

Kelebihan

  • Tersedia hampir di semua jenis komputer

Bahasa Pemrograman C terdapat hampir di semua jenis komputer. Mulai dari komputer mikro,makro, hingga komputer mini. Ini menjadi salah satu kelebihan karena bahasa ini menjadi bahasa yang awam digunakan dan proses mempelajarinya pun menjadi lebih mudah bagi sebagian pemrogram yang masih pemula.

  • Bersifat Portable

Memiliki sifat portable. Portable dalam hal ini berarti bahwa bahasa ini yang ditulis di satu komputer, bisa dipindahkan di komputer lain tanpa mengotak-atik, atau jika diperlukan untuk mengotak-atik, tidak muncul kerumitan dalam memodifikasinya.

  • Banyak Struktur

Dilengkapi dengan banyak sekali struktur data dan pengendalian proses. Memiliki struktur bahasa yang baik sehingga mampu dengan mudah dipelajari dan dapat dengan mudah pula diketahui kesalahan dari sebuah program. Selain itu juga memudahkan dokumentasi sebuah program.

  • Lebih mudah dipahami

Hal ini memudahkan pemrogram karena ia tak perlu memahami seluruh komponen komputer secara utuh. Selain itu, memiliki orientasi pada masalah bukan pada mesin. Sehingga jika ditemukan kesalahan pada program, ia akan lebih cepat menyelesaikannya.

Kekurangan

  • Terlalu Fleksibel

Terlalu fleksibel dan memiliki banyak operator membuat penggunanya kebingungan. Karena saking banyaknya operator, bagi sebagian orang yang baru pertama kali menggunakan bahasa C akan kesulitan untuk beradaptasi.

  • Pointer

Pointer adalah satu bagian yang paling penting. Dalam bagian ini orang yang menggunakan bahasa ini bisa menggunakannya dengan baik dan maksimal. Akan tetapi, banyak sekali pengguna yang masih belum paham akan kegunaan pointer dan bagaimana cara menggunakannya.

Nah itulah penjelasan seputar apa itu Bahasa Pemrograman C pengertian, kelebihan dan kekurangannya.Untuk kalian yang ingin mempelajari Bahasa Pemrograman C adalah langkah pertama yang cocok bagi semua orang yang ingin memulai pemrograman. Tentunya, ada bahasa-bahasa pemrograman lain yang kalian dapat coba. Tetapi, alangkah baiknya kalau kita perlu mencari sesuatu yang mudah dipahami terlebih dahulu.